Translate

Senin, 06 Januari 2014

ALAT PENCACAH BAHAN KOMPOS GILINGAN MOLEN

Memotong-motong sampah daun-daun yang jatuh untuk kompos memang mudah, tapi itu kalau sampah yang kita potong sedikit. Tapi mungkin para pembuat kompos sering kesulitan ketika harus memotong motong sampah daun yang lumayan banyak dengan pisau atau gunting. Dari segi ukuran potongan bisa dipastikan ukurannya kurang halus untuk pembuatan kompos. Akibatnya kompos yang kita buat proses pembusukan daun  lebih lama dan teksturnya kasar.

Ada satu cara manual  yang sedikit banyak membantu dalam mencacah sampah daun dengan ukuran yang kecil, kalau menurut saya ideal untuk diproses ke tahap selanjutnya atau dibuat kompos.
Pernahkan anda lihat gilingan molen atau bisa juga digunakan untuk membuat mie..?
Nah..! ini bermula ketika alat gilingan adonan tepung untuk bahan pisang molen atau pembuat mie yang dipunyai nyonya di rumah karatan dan jadi sarang semut. Akhirnya dengan terpaksa alat itu teronggok di samping rumah. Hari demi hari gilingan molen tersebut jadi bernasib buruk makin karatan dan hampir menjadi barang rongsok yang tak berguna.
Sampai akhirnya iseng-iseng saya lihat kembali alat itu, kemudian diambilah selembar daun dan saya masukkan ke penggiling mie yang ukuran halus. Kemudian tuas penggiling diputar dan ajaib daun itu terpotong-potong seukuran mie. Aha...! tring...!, ini bisa untuk bahan kompos. Ukurannya yang halus..., ini dia penampakan alat dan hasil potongannya...!.
Untuk proses pembuatan kompos selanjutnya, mungkin anda lebih faham daripada saya. Atau mungkin dalam kesempatan lain akan saya upload tahap demi tahap, soalnya masih dalam proses fermentasi menggunakan larutan EM4, jadi hasilnya belum bisa ditampilkan. Ditunggu kritik dan sarannya dari yang sudah mampir ke blog ini.

Penampakan Alat Gilingan Molen

Dua Pilihan Ukuran Potongan Daun

Proses Pemotongan Sampah Daun

Sampah Daun Sebelum Proses Pencacahan

Hasil Pemotongan Yang Lumayan Halus

Siap Ke Proses Selanjutnya



4 komentar:

Tulis Komentar Anda di sini